Trik Cepat Jawab Soal USM PKN STAN

Trik Cepat Jawab Soal USM PKN STAN

Aplikasi Bimbel STAN

Aplikasi Bimbel STAN
Bimbel Online PKN STAN Terbaik

Sunday, January 4, 2015

Pembahasan Soal USM STAN 2014

Soal dan Pembahasan USM STAN 2014

Bacaan
Negeri ini membutuhkan lebih banyak orang yang bisa berbuat daripada pandai berdebat, bertindak dalam berkarya daripada hanya protes. Tidak banyak yang menyadari universitas hebat bukan hanya diukur dari jumlah publikasinya, melainkan juga dari jumlah paten dan impak pada komunitasnya. Pendidikan kita masih berkutat di seputar kertas. Kita baru mahir memindahkan pengetahuan dari buku teks ke lembar demi lembar kertas: makalah, karya ilmiah, skripsi, atau tesis. Kita belum menanamnya pada tindakan memori otot, myelin. Seorang mendapatkan nilai A dalam kelas pemasaran bukan karena dia bisa menerapkan ilmu ke dalam hidupnya, minimal memasarkan dirinya, atau memasarkan produk orang lain, melainkan karena dia sudah bisa menulis ulang isi buku ke lembar-lembar kertas ujian.

Pendidikan tinggi sebenarnya bisa dibagi dalam dua kelompok besar yaitu dasar dan terapan. Pendidikan dasar itulah yang kita kenal sejak di SD yang mencakup matematika, kimia, biologi, fisika, ekonomi, sosiologi, dan psikologi. Terapannya bisa berkembang menjadi ilmu  kedokteran, teknik sipil, ilmu komputer, manajemen, desain, perhotelan, dan seterusnya. Kedua ilmu itu sangat dibutuhkan bangsa untuk memajukan peradaban. Namun investasi untuk membangun ilmu dasar amat besar, membutuhkan tradisi riset dan sumber manusia yang bermutu tinggi. Siapa yang menguasai ilmu dasar ibaratnya mampu menguasai dunia. Dengan bekal ilmu dasar yang kuat, bangsa yang besar membentuk ilmu terapan. Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris adalah negara yang dibangun dengan keduanya. Namun, sebagaian negara di Eropa dan Asia memilih jalan lebih realistis yaitu fokus pada studi ilmu terapan. Swiss fokus dengan ilmu terapan dalam bidang manajemen perhotelan, kuliner dan arloji. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian. Jepang fokus dengan elektronika. Singapura fokus dalam industri jasa keuangannya. Tentu terjadi pergulatan besar agar ilmu terapan dapat benar-benar diterapkan. Pada mulanya ilmu terapan dikembangkan di perguruan tinggi untuk mendapatkan dana riset dan menjembatani teori dengan praktik. Akan tetapi, mindset para ilmuwan tetaplah ilmu dasar yang penekanannya pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmiah yang buntutnya adalah publikasi ilmiah.

Melalui pergulatan besar, program studi terapan berhasil keluar dari perangkap ilmu dasar. Ilmu komputer keluar dari Fakultas Matematika dan Manajemen menjadi sekolah Bisnis. Dari lulusan dengan "keterampilan kertas", mereka masuk pada karya akhir berupa aplikasi, portofolio, mock up, desain, dan laporan pemecahan masalah. Metodologi dipakai, tetapi validitas eksternal (impak dan aplikasi) diutamakan. Hanya pada program doktoral metodologi riset yang kuat diterapkan. Itupun banyak ilmuwan terapan yang meminjam ilmu dasar atau ilmu terapan lain sehingga terbentuk program multidisiplin seperti arsitektur yang dijodohkan dengan antropologi dan arkeologi, akuntansi dengan ilmu keuangan..
                                                                     (sumber: www.kompas.com. disesuakan seperlunya)

1. Makna kata "keterampilan kertas" yang dimaksud pada bacaan diatas adalah sebagai berikut, kecuali .
A. mampu menyusun laporan pemecahan masalah
B. mahir menjawab soal dilembar ujian
C. mahir menyusun makalah
D. mahir menyusun tesis
E. mendapatkan nilai A

Pembahasan:
Baca pada paragraf ketiga baris 3 dan 4. Jawabn mampu menyusun laporan pemecahan masalah

Kunci : A

2. Berdasarkan bacaan diatas, berikut ini adalah fokus ilmu terapan yang dimiliki oleh tiap-tiap negara, kecuali ..
A. jepang fokus dengan elektronika
B. Amerika fokus dengan kedokteran
C. Singapura fokus dengan jasa keuangan
D. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian
E. Swiss fokus dengan manajemen perhotelan, kuliner, dan arloji

Pembahasan:
baca paragraf tiga mulai bari 7 ke 8. Akan ditemukan jawaban. Amaerika fokus dengan kedokteran. itu salah

Kunci: B

3. Pernyataan dibawah ini yang tidak sesuai dengan bacaan diatas adalah ...
A. ilmu kedokteran merupakan salah satu contoh pendidikan terapan
B. hanya sedikit yang menyadari bahwa universitas yang hebat bukan hanya diukur dari jumlah publikasinya
C. salah satu program studi terapan yang berhasil keluar dari perangkap ilmu dasar adalah Manajemen
D. pola pikir para ilmuwan adalah ilmu terapan yang penekannya ada pada metodologi dan statistika untuk mencari kebenaran ilmiah
E. pada mulanya ilmu terapan dkembangkan di perguruan tinggi untuk mendapatkan dan riset dan menjembatani teori

Pembahasan:
baca paragraf dua dikalimat terakhir. sehingga "mindset para ilmuwan tetaplah ilmu dasar yang penekanannya pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmiah yang buntutnya adalah publikasi ilmiah."
Opsi D tidak sesuai

Kunci D

catatan: untuk menjawab jenis soal USM STAN seperti ini. Dibutuhkan teknik membaca cepat. untuk itu kita dituntut menguasai keterampilan itu. Agara ketika ujian waktu tidak terbuang sia-sia hanya untuk menyelesaikan soal tersebut.

Tips: lakukan langkah-langkah berikut agar soal dengan mudah dikerjakan
1. baca dulu pertanyaan soal
2. lakukan scanning pada bacaan soal yang sesuai dengan pertanyaan
3. Cari kesimpulan yang pas
4. Lakukan latihan jangan pernah bosan untuk melatih ini

No comments:

Kumpulan Video trik-trik jawab soal STAN